BAHAN AJAR ANTI MAIN-STREAM

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bagi pendidik, kata “MEDIA PEMBELAJARAN” pasti sudah tidak asing lagi. Hampir di setiap proses pembelajaran, pendidik menggunakan berbagai media untuk menunjang KBM. Perangkat ini digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal dan optimal. Sampai saat ini, media pembelajaran yang paling banyak dan mudah digunakan adalah buku. Akan tetapi, dalam perkembangannya buku tidak selalu dapat menyajikan apa yang dibutuhkan oleh pendidik dan peserta didik.

Sebagai contoh, ilustrasi bentuk molekul yang terdapat pada buku kimia hanya sebatas 2 dimensi (2D) saja. Peserta didik dituntut memiliki kemampuan spasial tinggi untuk mengilustrasikan bentuk 3D dari molekul di dalam pikirannya, dan tentu kemampuan spasial masing-masing peserta didik jelas berbeda. Untuk itulah dibutuhkan suatu media yang dapat mengurangi beban spasial ataupun suatu media yang dapat memudahkan penerimaan pengetahuan peserta didik, seperti penggunaan teknologi Augmented Reality (AR).

AR merupakan salah satu teknologi canggih yang dapat memadukan antara virtual reality dengan world reality. Obyek virtual (2D) seolah-olah terlihat nyata dan menyatu dengan dunia nyata. Pengguna teknologi AR dapat melihat dunia nyata di sekelilingnya dengan cara menambahkan obyek virtual yang dihasilkan oleh komputer. AR dapat meningkatkan pengalaman belajar peserta didik dengan mengintegrasikan video, teks, grafik, dan audio ke dalam dunia nyata. 

Teknologi AR sudah banyak di aplikasikan di berbagai mata pelajaran seperti kimia, fisika, sosial, sejarah, geografi, bahkan sampai ke mata pelajaran bahasa. Hasil riset dari berbagai negara menyatakan bahwa penggunaan AR dapat meningkatkan minat, kemampuan spasial, rasa ingin tahu, prestasi kognitif,dll. Banyaknya dampak positif yang telah ditunjukkan dari AR, teknologi dapat digunakan oleh pendidik Indonesia dalam proses belajar mengajar. Penggunaan teknologi AR ini diharapkan mampu meningkatkan minat anak didik kita dalam belajar. Meningkatnya minat peserta didik dalam belajar tentunya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Penulis: D.E