Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sudah hampir sepuluh bulan, kita hidup di tengah pandemi COVID-19. Semakin hari, bukannya semakin mereda, namun malah semakin menjadi. Segala aktivitas pun terpaksa dibatasi. Termasuk belajar pun juga dilakukan dari rumah. Baik dari tingkat pra-sekolah sampai dengan perguruan tinggi. Hal ini tentu saja dibarengi dengan berbagai kendala. Di sisi lain, waktu yang terus bergerak, memaksa para pembelajar untuk mempersiapkan diri masing-masing menghadapi ujian di akhir masa belajarnya. Begitu juga dengan adik-adik yang duduk di bangku SMP/MTs. Selain harus mempersiapkan Ujian Akhir Sekolah (UAS), mereka juga harus melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). 

Untuk itulah, SMA UII Yogyakarta menggagas kegiatan yang dapat membantu adik-adik di tingkat SMP mempersiapkan ujian akhirnya. Kegiatan ini bertema “SMA UII PEDULI, SMA UII BERBAGI.” Kegiatan ini berupa tryout atau simulasi. Kegiatan yang digawangi oleh Abdul Malik, S,Pd ini terdiri dari dua bentuk tryout. Kegiatan pertama adalah tryout AKM yang telah  selesai dilaksanakan di bulan November 2020 dengan peserta kurang lebih lima ribu siswa-siswi SMP/MTs. Tryout yang kedua dan yang akan segera berlangsung adalah tryout Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang akan diselenggarakan saat libur antar semester pada bulan Desember 2020. Semua kegiatan ini dilaksanakan secara Online, jadi protokol kesehatan tetap terpenuhi. 

Selain itu, kegiatan ini dipersembahkan tanpa berbayar alias gratis. Walaupun kegiatan ini gratis, namun bukan berarti menurunkan kualitasnya. Soal-soal untuk tryout ini disusun oleh guru-guru SMP yang kompeten di bidangnya dan berkualifikasi nasional. Dengan kegiatan ini, SMA UII berharap bisa berbagi kebermanfaatan, terutama untuk siswa/siswi di tingkat SMP. 

Nah, buat kalian adik-adik SMP/MTs yang belum berkesempatan mengikuti kedua tryout tersebut, kami  mempersiapkan tryout Ujian Akhir Sekolah seri kedua yang akan dilangsungkan pada awal Februari 2021. Silahkan rajin kunjungi web SMA UII ini untuk info lebih lanjut. Salam sehat dan bahagia.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Penulis: Sri U.

Editor: D.E