Kiprah Baswara Adibrata OSIS SMA UII

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan salah satu pilar belajar demokrasi siswa di sekolah. Hampir di setiap jenjang pendidikan memiliki OSIS, bagitupun juga SMA UII. Tentunya setiap organisasi dibutuhkan seorang ketua, dan pemelihan ketua OSIS (Pemilos) merupakan salah satu kegiatan bergengsi di sekolah. Pada tanggal 12 Oktober 2021, SMA UII melakukan pesta demokrasi yaitu Pemilos. Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan Pemilos ini dilakukan secara online. Siswa melakukan pemilihan secara e-voting menggunakan google form dari jam 10.00 – 12.00 WIB. Calon Ketua OSIS SMA UII Banguntapan tahun 2020-2021 ada 4 siswa, yaitu:

  1. Gilang Putra Pratama Purwaningsih
  2. Idha Dzatixa Rahayu
  3. Adinda Bintang Khairunnisa
  4. Lukman Hakim

Bu Naning, selaku pembina OSIS mengapresiasi tindakan siswa “Golput tidak pernah ada dalam kamus demokrasi SMA UII. Pasalnya dari total 134 pemilih, data pemilih yang masuk juga sebesar itu, dan mereka semua pemilih aktif. Anak-anak sudah benar dalam menggunakan hak pilihnya”.

Setelah dilakukan proses pemilihan Ketua OSIS, tanggal 13-14 Januari 2021 dilakukan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) melalui zoom yang diikuti oleh 20 siswa.  Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I. selaku Kepala SMA UII memberikan materi Penguatan Pendidikan Karakter. Bapak Drs. Rubiyatno, M.M. selaku konsultan SMA UII memberikan materi Kepemimpinan dalam OSIS. Pak Malik  memberikan materi Penguatan Pendidikan Karakter.

Tepatnya pada tanggal 15 Januari 2021, dilakukan acara Pelantikan Pengurus OSIS tahun 2021-2022. Kegiatan dimulai dari pembacaan susunan pengurus OSIS terpilih oleh Bapak Drs. Rubiyatno, M.M. Dilanjutkan acara inti yaitu pelantikan oleh Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I. “Selamat kepada pemimpin yang terpilih, ananda Gilang Putra P. P.. Selamat menjalankan tugas dan kepada pengurus OSIS lama periode 2019-2020 diucapkan terimakasih atas pengabdiannya. Semoga pengalaman kalian dapat dibagikan ke adik-adik pengurus” ucap Pak Maman dalam salah satu sambutannya. Kemudian dilanjutkan sambutan dari ketua OSIS. “Saya merasa senang karena ini suatu pengalaman untuk saya. Keinginan saya semoga kegiatan OSIS ke depannya bisa semakin maju, berkualitas, dan semangat” ucap Gilang.

Bu Naning, selaku Pembina OSIS pun turut mengucapkan selamat kepada ketua OSIS terpilih. “Selamat kepada Gilang dan pengurus OSIS yang telah terpilih. Harapannya kalian memiliki pengalaman dan kesempatan dalam berorganisasi di era pandemi”. Nantinya OSIS ini tidak hanya dbimbing oleh Bu Naning, namun juga oleh pembimbing kompeten lainnya, seperti:

  1. Bu Desy : Bidang Kewirausahaan
  2. Bu Denok : Bidang Research
  3. Pak Nur : Bidang Keagamaan
  4. Bu Denny : Bidang Budi Pekerti

Sekali lagi, kepada Ketua OSIS terpilih, kami ucapkan SELAMAT MENEMPUH TUGAS BARU, sedangkan calon yang belum terpilih, mari bersama-sama membantu ketua OSIS terpilih demi kesuksesan SMA UII Banguntapan Bantul.

Kami tunggu tunggu Prestasimu ….