Kepala Sekolah SMA UII H. Sumaryatin, S.Pd.,M.pd. menyatakan bahwa SMA UII Yogyakarta siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017. SMA UII telah mempersiapkan  sarana  prasarana sejak bulan Januari 2017.

Untuk konsep mandiri, jelas Sumaryatin, S.Pd.,M.pd, sekolah sudah memiliki fasilitas pendukung UNBK berupa komputer memadai. Sedangkan konsep gabung, artinya proses UNBK akan memanfaatkan fasilitas SMA/SMK yang disekitar.

SMA UII memiliki sarana computer sebanyak 30 yang digunakan untuk clien dan 2 komputer dengan spesifikasi bagus untuk dipersiapkan sebagai server. Dengan demikian SMA UII siap melaksankan UNBK dengan konsep mandiri.

Mengutip pernyataan Kepala Disdikpora Kadarmanta Baskara Aji, “ kami targetkan 100 % sekolah mulai SMP, SMA dan SMK di Yogyakarta bias melaksanakan UNBK 2017 dan penyelenggaraan UNBK bagi seluruh sekolah justru akan lebih efisien karena proses lelang cetak soal ujian nasional memakan waktu yang lama. Sementara di sisi lain, waktu penyelenggaraan ujian nasional sudah harus dimulai pada April 2017”

Pelaksanaan UNBK SMA dilaksanakan pada tanggal 10April 2017 sampai dengan 13 April 2017 dan untuk SMA UII pelaksanaan UNBK terlaksana dengan lancar tidak ada ganguan listrik dan koneksi internet.sosialisasi-dan-teknis-unbk-2017pdf-1-638