Workshop Pembelajaran Berbasis Riset dan Kewirausahaan Syariah

Menyambut akhir tahun 2020 di SMA UII diadakan workshop pembelajaran berbasis riset dan kewirausahaan syariah sebagai bentuk kerja sama dalam rangka pengabdian masyarakat jurusan Kimia FMIPA UII dengan SMA UII Yogyakarta. Kegiatan workshop yang dilaksanakan selama tiga hari dari hari Senin, 28 Desember-30 Desember 2020 diikuti oleh segenap civitas akademika jurusan kimia FMIPA UII dan guru-guru SMA UII Yogyakarta. Worksop tersebut dilaksanakan secara daring dengan menggunakan google classroom dan zoom. Penggunaan sistem daring ini dilakukan karena situasi pandemi covid-19 yang masih terjadi.

Workshop hari pertama, Senin 28 Desember 2020 dilakukan secara asinkron melalui google classroom. Hari kedua dan ketiga workshop dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Penggunaan zoom meeting dilakukan secara kolektif oleh guru-guru SMA UII Yogyakarta di laboratorium komputer SMA UII Yogyakarta dengan menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan workshop hari kedua melalui zoom meeting dimulai pukul 08.30 WIB yang diawali dengan sambutan hangat dari ketua jurusan Kimia UII, selanjutnya sambutan dari kepala SMA UII Yogyakarta yaitu Drs. Maman Surakhman, M.Pd, I yang dilanjutkan dengan pemaparan keunggulan SMA UII Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan diskusi.

Beberapa hal yang menjadi topik diskusi pada workshop ini antara lain pengenalan pembelajaran berbasis riset, penyusunan perangkat pembelajaran untuk pembelajaran berbasis riset, pelaksanaan pembelajaran berbasis riset, penilaian pembelajaran berbasis riset, dan pembelajaran berbasis kewirausahaan Syariah.

Workshop ini  menghasilkan diskusi yang hangat dan menarik antara jurusan Kimia FMIPA UII dengan guru-guru SMA UII Yogyakarta. Sehingga dalam workshop ini saling terjadi transfer ilmu pengetahuan. Adanya workshop ini juga semakin mempererat silaturahmi antara jurusan FMIPA UII dengan SMA UII Yogyakarta.

                                                                                                            Eny Widyawati, S.Pd