INSPIRASI NIAGA SMA UII

Bersama 92.3 MQFM Manajemen Qolbu Jogja.

Senin, 7 Juni 2021 Kepala SMA UII, Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I dan konsultan SMA UII Drs. Rubiyatno, M. M. diundang ke dalam acara talk show dengan tema “Inspirasi Niaga”. Acara talk show ini diadakan oleh 92.3 MQFM Manajemen Qolbu Jogja yang terletak di Grha Universitas Amikom Yogyakarta Gedung 1, lantai 2, Jl. Ring Road utara Condong Catur Depok, Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal secara dekat bagaimana kegiatan “NIAGA” khususnya dalam SMA UII. Talk show ini berlangsung selama 1 jam, dimulai dari pukul 10.00-11.00.

Pak Maman (Kepala SMA UII) dan Pak Rubiyatno (Konsultan SMA UII) menjelaskan bahwa SMA UII berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan yang dapat menambah kompetensi peserta didik.  Komitmen tersebut direalisasikan dengan membuat 3 Program Unggulan sekolah, antara lain Tahfidz, Reserch, dan Entrepreneurship.

Niaga sendiri erat kaitannya dengan program unggulan entrepreneurship di SMA UII. Program unggulan entreprenership sudah diatur dalam kurikulum nasional dan ditungkan dalam kurikulum satuan local yang dikembangkan di sekolah. Dalam rangka memfasilasi program unggulan entreprenership, SMA UII melukan kerjasama dengan berbagai pihak yang tergabung dalam SANDBOX SMA UII. Beberapa pihak yang ikut dalam pengembangan ini adalah mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta (membimbing marketing sesuai dengan trend dan perkembangan TIK) dan pelaku UMKM Yogyakarta . Hal ini dimaksudkan untuk mendampingi siswa dalam berwirausaha. Goals-nya adalah semua peserta didik memiliki lapak, bisa dengan cara memasarkan produk sendiri atau menjadi reseller produk UMKM Yogyakarta.

Fasilitas lain yang diberikan SMA UII terhadap Program Unggulan Research dan secara khusus Entreprenership yaitu,  “Botanical-Edu Park” seluas 5000 m2 sebagai laboratorium peserta didik untuk berekperimen dan mengembangkan hardskill-nya. Pengembangan softskill peserta didik juga didampingi oleh coach handal yang sudah malang melintang di dunia usaha. “Kejujuran adalah kunci utama dalam berwirausaha, jika tidak memiliki itu bagaimana seorang entreprener dapat bertahan di dunia usaha? Maka dari itu kejujuran penting dimiliki oleh peserta didik kami”, imbuh Pak Rubiyatno selaku konsultan SMA UII. (DE)

“Tidak lagi ragu dan khawatir untuk pengelolaan SMA UII karena kami siap melangkah untuk antarkan insyaAllah sampai tingkat internasional